Kenangan dan Ingatan

Kenangan  dan  Ingatan,  seolah  tidak  ada  habisnya  membahas  kedua  hal  tersebut. Setiap orang pasti mempunya  Ingatan,  pun  dengan  Kenangan,  kenangan  semasa  kecil, kenangan sewaktu bersekolah  dan  sebagainya.

Walaupun  hampir  tidak  ada  perbedaan  yang  signifikan  antara  keduanya,  namun  jika  diteliti lebih dalam  lagi  keduanya  mempunyai  makna  yang berbeda

Kenangan  adalah  Ingatan  yang  tertinggal di hati yang paling dalam. tak bisa diselami, tak bisa dihilangkan  dan  tak  akan  hilang  walau  ditelan  kematian.  Kenangan  juga  bagian  dari ingatan  tetapi  lebih  menginsyaratkan  kejadian  tertentu,  atau  periswita  penting  yang melibatkan  perasaan  apakah  itu  benci,  marah,  sedih,  bahagia  atau  sejenis  nya  yang  membuat  kita  mengingatnya  pada  saat-saat  tertentu  dalam  hidup  kita. 

sedangkan ingatan adalah sebuah fungsi untuk kognisi yang melibatkan otak dalam proses pengambilan informasi.

Kenangan-kenangan yang pernah terjadi, dalam kondisi yang berbagai macam pula, ternyata menghasilkan sesuatu yang menarik untuk diingat dalam hidup kita, terlepas apakah itu kenangan buruk ataupun kenangan yang indah-indah saja, namun secara keseluruhan, hidup akan semakin berarti ketika disaat sepi banyak kenangan yang menghampiri. Sebagian orang, malah cenderung lebih mudah mengingat kenangan yang buruk, walaupun banyak juga yang memilih untuk mengenangan sesuatu yang menimbulkan kebahagiaan saja. Dikesempatan lain, saya pernah mendengar sebuah kata yang begitu dalam maknanya “ ketika kita hidup, maka orang disekeliling kita bahagia, ketika kita pergi (baca:meninggala dunia) orang disekeliling kita menangis” kata diatas sepintas lalu memang seakan tak ada hubungannya dengan judul tulisan ini, tapi jika ingin dilihat lebih dalam, apa yang sebenarnya membuat orang disekeliling itu menangis karena kepergian kita?, saya yakin jawabannya adalah kebaikan, lalu dengan kebaikan apa yang aka tergoreskan?? Itulah kenangan. Kenangan dapat hadir disetiap orang pada situasi dan kondisi yang berbeda-beda, orang-orang yang baik tak pernah membuang waktu untuk menggoreskan hati orang sekitarnya dengan kelakuan yang buruk, karena iya tahu, kenangan yang dibentuk oleh kelakuan baik akan selalu dikenang, dan sebaliknya kenangan yang ada karena kelakuan buruk lebih banyak mendapat cacian. Pilihan itu… Mau baik atau buruk, pilihannya ada ditangan kita, menjadikan hidup lebih berharga dan dihormati dengan kenangan baik merupakan kesempatan terbaik sebelum semuanya berakhir, kitalah yang menentukannya, kenangan mana yang mau dijadikan ingatan bagi orang-orang sekitar, “moment to remember” mengajarkan saya banyak hal, karena hingga akhir hayat, mereka yang mematri hati orang sekitarnya dengan kebahagiaan dan kebaikan sesamalah yang akan selalu hidup dan menginspirasi banyak orang lainnya untuk tetap hidup dengan semangat, kasih sayang dan cinta…karena kenangan tak pernah bisa dihapus oleh kematian..!

0 komentar:

Posting Komentar

" Einstein Yesterday, Me Today"
 
Copyright 2009 Aku Dan Hal Absurd Lainnya All rights reserved.
This blog created by Muqsith Al Hamid
Blogger Templates