Rival di ranah Glaslgow


Kisah tentang pemberontakan Glasgow Celtic, jadi bagian darinya. Celtic adalah bagian dari Skotlandia. Dan negara ini adalah kerangka utama yang menyusun Britania Raya, selain Inggris, Wales dan Irlandia Utara.
Sudah menjadi rahasia umum jika Celtic adalah bagian dari pendukung pemberontak IRA –sebuah kelompok Republikan yang menuntut pemisahan Irlandia Utara dari Inggris Raya. Ditilik dari sejarahnya, Celtic memang identik dengan Irlandia. Selain didirikan oleh imigran Irish yang mengungsi ke Skotlandia, ditilik dari sisi afiliasi religius, Celtic pun selalu dilekatkan sebagai klub katolik. Agama ini jadi pegangan mayoritas orang Irlandia, berbeda dengan mayoritas Skotlandia yang menganut protestan.
Perbedaan keyakinan ini yang jadi pemantik perang sektarian di Glasgow sana. Bermula dari Katolik versus Protestan merembet jadi pro-Inggris versus anti-Inggris. Buktinya, saat Old Firm berlangsung, sangat lazim jika fans Rangers selalu mengagung-agungkan bendera Union Jack dan foto Ratu Elizabeth II. Aksi ini lalu dibalas dengan fans Celtic yang bangga dengan foto Paus beserta bendera tri colour khas Irlandia.“Mampus Sri Paus” dan “Ratu Bangsat” pun sering kali terdengar di sana.
Daun semanggi Shamrock adalah identitas trinitas Katolik Irlandia yang diadopsi Celtic menjadi sebuah logo klub. Senasib seperti “Estelada” milik Barcelona, dan “The Ikurrina” kebanggan Bilbao, Shamrock begitu erat kaitannya dengan gerakan nasionalis Irlandia di abad ke-19.
Shamrock ialah simbol keberuntungan bagi orang Irlandia yang berharap tuah St Patrick, sang penyebar agama katolik. Oleh milisi, daun semanggi juga dijadikan sebagai visualisasi perlawanan. Karenanya shamrock amat dibenci Inggris. Hukuman gantung siap menyambut siapapun yang ketahuan memakai simbol itu.
Di tahun 1950, pengeboman dan pembunuhan sporadis terhadap warga negara Inggris di Irlandia Utara berimbas pada Celtic itu sendiri. Banyak tekanan kepada Celtic untuk menghapus warna bendera Irlandia dan Shamrock dari logo mereka. Tekanan mengalir deras mengingat pembiaran identitas pemberontak berkibar di tanah Inggris jadi satu anomali.
Tak seperti Barca dan Bilbao yang takluk, Celtic malah melawan. Celtic menolak segala bentuk kompromi, meski diancam dengan pengusiran dan dilarang ikut serta kompetisi sepakbola Skotlandia.

0 komentar:

Posting Komentar

" Einstein Yesterday, Me Today"
 
Copyright 2009 Aku Dan Hal Absurd Lainnya All rights reserved.
This blog created by Muqsith Al Hamid
Blogger Templates